Saturday, September 28, 2013

Merajut bentuk persegi

Umumnya setiap mendengar kata rajut, yang terlintas dibenak kita antara lain kaus kaki, baju, tempat hp, tempat tissue, selimut, topi, sepatu bayi, taplak meja, Bed cover. Ini hasil survey sendiri dikantor lo. Pas lagi gak banyak kerjaan, aku keluarin deh tu perlengkapan belajar merajut, setiap buibu yang ngeliat langsung komen, pengen deh belajar merajut biar bisa bikin baju. Baju rajut mahal banget. Yaelah bu, belajar merajut aja enggak, kok malah pengen langsung bikin baju sik ( geleng-geleng kepala).

Okeh, sekedar pengen gak akan bisa menghasilkan apa-apa. Setuju? Oleh karena itu, mari kita belajar. Setiap rajutan pasti punya pola dasar sama halnya pada rajutan bross kupu-kupu. Nah, salah satu bentuk yang sering digunakan dalam rajutan adalah bentuk persegi alias kotak. Selimut kotak-kotak, dress kotak-kotak, rok, tempat tissue, dompet, tas, dari hasil browsing-browsing kebanyakan mengambil bentuk kotak. Setelah browsing-browsing lagi ni, ternyata yang namanya kotak alias square itu buanyak juga macamnya. Wow…

Yuk mulai belajar lagi. Kali ini kita akan belajar bersama merajut granny square. Konon kabarnya nih (ngarang kekekeke…) si granny square ini adalah pola yang paling umum digunakan dalam rajutan, terutama buat pemula seperti saya hehe…

Alat & Bahan
1. Jarum hakken
2. Benang
rajutan bentuk kotak persegi

merajut bentuk kotak crochet
gambar 2

merajut model kotak crochet
gambar 3

Langkah-langkahnya :

  1. Buat magic ring
  2. Baris 1. Ch3, dc2, “ch2, dc3, ch2”. Ulangi “ke” sebanyak 2 kali. Sehingga kita punya 4 cluster dc3. Seperti gbr 1.n perhatikan bahwa setiap space ch2 membentuk sudut segiempat. Jangan lupa tarik ujung magic ring agar hasil lebih rapi.
  3. Baris 2. Buat slst hingga benang mencapai space ch2. Buat ch3,dc2, ch2, dc3. Ulangi “Dc3,ch2,dc3” disetiap ch2 space berikutnya. Sambung dengan slst pada ch3 pertama.Sekarang kita punya bentuk segiempat yang lebih besar. Gambar 2.
  4. Baris 3. Ch3 pada space ch2 pertama, {“dc3,ch2,dc3” pada space ch2 berikutnya, dc3 pada space ch2 diantara 2 sudut} ulangi {ke}, dc2 pada space ch2 terakhir (karna sebelumnya sudah ada ch3 pertama). Gambar 3. Jadi sekarang kita punya 4 kluster {dc3,ch2,dc3) disetiap sudut, dan dc3 ditengah antara 2 sudut.
  5. Baris 4. Untuk mengakhiri persegi, buat ch1, Sc disetiap dc. Pada space ch2 disudut segiempat buat sc2, ch2, sc2. Jangan lupa disetiap sudut buat cluster sc/dc3, ch2, sc/dc3 untuk membentuk sudut. Bila ingin kotak yang lebih besar, ulangi langkah2 dibaris 3. Matikan benang, rapikan.


Sekali lagi. Bentuk kotak dapat digunakan untuk berbagai macam kreasi rajutan. Misal : tempat tissue rajut, dompet rajut, tempat hp rajut. Tutup kulkas, sarung gallon, selimut, baju dll. Penempatannya pun dapat divariasikan, selain berjajar, dapat juga disusun diagonal seperti wajik.
Yuk, sekarang kita sudah bisa mulai membuat sesuatu dengan dasar kotak-kotak. Selamat berkreasi.

No comments:

Post a Comment