Saturday, June 22, 2013

Cara Merajut kupu-kupu ( membuat bros kupu-kupu)

Hai, namaku Puti, Aku perajut pemula lo. Baru serius belajar merajut sekitar 3 bulan terakhir inilah. Itu juga terinspirasi temen SMP yang doyan majang hasil rajutannya di wall fesbook. Hasil karya pertamaku adalah Kupu-kupu. Secara masih belajar gitu yah, modalnya juga baru jarum hakken ukuran ½ sama benang katun putih yang 3 ribu/ hank haha…. Senangnya belajar merajut, dengan modal 5 ribu perak saja udah bisa mulai belajar.

Nah, secara sekarang lagi booming2nya yang namanya hijab modern, tentunya asesoris jilbab juga ikut2an naik daun dong, salah satunya pastinya bros untuk pemanis sekaligus pengaman si hijab. Oleh karena itu, aku mau bagi-bagi nih, ilmu yang baru seiprit ini buat teman-teman semua.

Alat dan Bahan


  1. Jarum Hakken. Aku pake ukuran 3 mm
  2. Benang, minimal 2 warna
  3. Gunting
  4. Jarum jahit
  5. Peniti

Langkah-langkahnya :

1. Buat magic ring. Seperti gambar1. Cara awamnya gampang kok, cukup bikin simpul biasa, tapi jangan ditarik mati. Yang penting untuk beberapa stitch pertama pegangi dulu bagian tempat si simpul bertemu biar gak lepas. Ok, sip kan? Mari lanjutkan

bros crochet butterfly


2. Baris 1. Kerjakan di dalam lingkaran, ch 3(hitung sbg dc), 2dc,’ch3,3dc’. Jadi sekarang kita punya 2 buah kluster dc3 dan 3 buah ch sebagai penghubung.Kayak gambar 2 ini nih.
bros rajut kupu-kupu

3. Ulangi ‘ke’ sebanyak 6 kali sampai total kluster dc3 nya jadi 8. Lanjut ch3, sambung dengan slst ke ch ketiga diawal baris. Seperti gambar3. Untuk merapikan baris, tarik ujung magic ring hingga rajutan terlihat rapi. Gambar4. Setelah ditarik jadi seperti ini : gambar5. Matikan benang. Jangan lupa sisakan ujungnya cukup panjang ya, biar rajutan tidak lepas.
cara mambuat bros rajut kupu-kupu
bros rajut kupu-kupu gamabr 4
bros rajut kupu-kupu gambar 5
4. Baris 2. Ganti warna benang. Buat ch3, dc2, ch3, dc3 di space pertama. Buat ‘dc3, ch3, dc3’ di space berikutnya. Jadi di setiap space kita punya 1 paket (dc3,ch3,dc3), total 8. Jangan lupa sambung dengan slst di ch3 pertama ya.
5. Baris 3. Buat dc10 di ch3 space, sc di space antara 2 cluster dc3. Seperti gambar6. Lanjutkan sampai akhir. Jadi kita ulangi ya, dc10 disetiap ch3 space, sc disetiap space antara cluster dc3. Jadi deh.
bros rajut kupu-kupu image 7

6. Yuk, matikan benang dan rapikan sisanya. Next, lipat 2 . Gambar 8.

bros rajut kupu-kupu gbr 8
7. Untuk badan dan antenna kupu-kupu buat ch 20, sisakan ujungnya sedikit untuk antenna, lalu ikatkan di tengah2 sayap. Badan dan antenna bisa juga dibuat dengan kawat bulu agar lebih kokoh dan meyakinkan.

8. Terakhir, pasang deh penitinya. Jahitkan peniti dibagian belakang kupu-kupu. Bros kupu-kupu siap digunakan.

Sekedar berbagi ide, kupu-kupu rajut gak cuma bisa jadi bros kok. Bisa juga untuk aplikasi lain. Contohnya nih, aku lagi dapat orderan ban pinggang untuk aplikasi baju, dibagian tengahnya bisa tuh ditarok kupu-kupun rajut, jadi kesannya kayak ikat pinggang gitu deh . Yuk, selamat mencoba.

5 comments:

  1. aku kok masih bingung siiih :(
    apa emg dari sononya ga bisa ya :( :o

    ReplyDelete
  2. Terimakasih!! Aku berhasil. Awalnya, ketika masih membayangkan bingung juga, tapi setelah pegang hakpen dan benang ternyata tidak terlalu sulit.
    Terimakasih. Koleksi bros rajutku sekarang bertambah, seekor kupu-kupu cantik

    ReplyDelete
  3. Aku ingin mencobanya, Sekalian ajarin anak.

    ReplyDelete
  4. ni pake benang ap? katun biasa ato katun medium ato polister?

    ReplyDelete