Thursday, June 20, 2013

Perlengkapan Untuk Merajut Jarum Tunggal (crochet)

Crochet adalah seni rajutan dengan jarum tunggal, di Indonesia seni merajut ini dulunya diajarkan di sekolah-sekolah tapi sekarang sudah tidak kita temukan lagi mata pelajaran rajutan di muatn lokal atau pelajaran tambahan di sokolah manapun. Merajut dengan crochet (jarum tunggal) lebih mudah dibandingkan merajut dengan jarum ganda (knitting). Berikut ini beberapa peralatan atau perlengkapan yang diperlukan untuk memulai merajut:


  1. Jarum hakken crochet, merupakan alat berupa jarum pengait benang yang terbuat dari logam (besi, aluminium, tembaga dan lain-lain). Jarum crochet ini beragam ukuran dan harganya, saat ini sudah dijual satu set jarum crochet mulai dari ukuran 0,5 mm sampai 10mm. Harga dari jarum rajut tunggal ini bergantung pada bahan yang digunakan serta ukuran jarum, semakin besar jarumnya maka semakin mahal harganya.
  2. Benang, untuk merajut sudah pasti dibutuhkan benang sebagai bahan dasar pembuatan kain rajutan. benang yang biasa dipakai untuk crochet (rajutan) adalah benang wool, polyester, cotton, crayon dan nylon). Harga benang rajut ini bergantung pada jenis dan ukurannya, semakin besar benang semakin mahal harganya.
  3. Motif, untuk membetuk sebuah bakalan (pakaian, peci, topi, syal, sarung tangan taplak meja, penutup kulkas, penutup dispenser, dompet kaos kaki dan lain-lain) dibutuhkan pola rajutan, pola rajutan ini sering disebut dengan motif. Saat ini sudah banyak dijual buku motif rajutan crochet baik secara online maupun offline di toko buku. Kebanyakan  buku motif yang dijual saat ini berasal dari luar negeri.

contoh lobe/ peci rajutan halus
peci/ lobe rajutan tangan
Sebenarnya ada beberapa alat lain yang dibutuhkan seperti pemotong benang dan lainnya, namun alat yang wajib ada hanyalah tiga hal yang kita sebutkan diatas. Jika anda ingin belajar membuat kain rajutan maka mulailah membuat pola kain persegi sja terlebuh dahulu, hal ini hanya untuk memperlancar dan mempermahir kecepatan jari dalam memegang benang dan jarum crochet. 
macam-macam benang rajut
macam-macam benang rajut crochet

Panduan belajar merajut yang baik menurut saya adalah panduan yang ada di youtube, karena kita bisa melihat cara memegang jarum dan benang secara langsung. Berbeda halnya dengan panduan merajut berupa tulisan dimana kita hanya bisa membaca dan membayangkan cara merajut saja. 
macam-macam jarum rajut tunggal crochet
macam-macam crochet

Peluang bisnis rajutan
Menurut saya bisnis rajutan ini sangat menjanjikan, sebab sangat jarang orang yang bisa merajut (membuat kain) dengan tangan. Rajut tangan ini harganya juga lumayan mahal dan banyak diminati oleh masyarakat kita , selain itu hasil rajutan tangan akan terlihat unik sehingga dapat meningkatkan harga jual. Hampir semua jenis pekaian dapat dibuat dari rajutan, mualai dari kaus kaki, celana, baju, sarung tangan, syal dan topi. Selain pakaian bisa juga dibuat rajutan berupa tas, dompet, tali pinggang , gantungan kunci, taplak meja,  sarung bantal, selimut, sarung dispenser, sarung kulkas dan lain-lain. 

Jadi bisa dikatakan peluang bisnis di bidang rajutan inimasih terbuka lebar di Indonesia, mengingat saingan yang masih sedikit serta peminat yang sangat banyak. selamat mencoba memulai bisnis rajutan crochet, demikian tulisan mengenai perlengkapan untuk merajut jarum tunggal ini.

No comments:

Post a Comment